Virus sang penyebab penyakit

Virus sang penyebab penyakit



Virus sangat mungkin masuk dalam tubuh kita. Ukurannya yang sangat kecil dan daya tahannya yang cukup tinggi dari lingkungan sangat memungkinkan hal tersebut terjadi. Namun tidak semua virus dapat menyerang tubuh manusia meskipun berhasil masuk. Namun jika berhasil menyerang tubuh manusia, maka akan timbul penyakit. Kondisi ini menyebabkan perasaan yang tidak enak. Pada kondisi ini, seorang harus istirahat karena dipastikan pula ia akan kesulitan melakukan aktivitas.
Sakit adalah pertanda tubuh sedang berperang dengan virus

Jika seseorang sakit, itu pertanda bahwa daya tahan tubuhnya kalah terhadap virus yang menyerang dan saat itu virus menguasai tubuh anda. Untuk itu diperlukan asupan obat dan nutrisi untuk melawan virus. Seperti misalnya anda terkena virus dengue yang menyebabkan DBD dan anda merasa demam, berarti sel-sel imunitas dalam darah anda sedang berusaha untuk melawan virus tersebut. Tentu saja dalam hal ini sistem imunitas manusia membutuhkan bantuan. Anda diberikan obat khusus untuk melawan virus dengue dan juga asupan nutrisi yang cukup sebagai bekal sel imunitas melawan virus. Ketika sel imunitas berhasil mengalahkan virus dan memaksa virus untuk mundur dan dormant (tertidur) maka anda terbebas dari serangan virus.
Virus tidak bisa diberantas dengan tuntas

Namun perlu diingat bahwa virus pada umumnya tidak seluruhnya mati. Sisa dari mereka umumnya memilih suatu tempat dan tertidur. Ketika sistem imunitas anda lemah karena faktor cuaca, asupan gizi dan lain sebagainya, maka mereka akan bangkit, mereplikasi diri dan menyerang anda. Hal ini ditunjukkan oleh virus flu dan herpes simplex. Kedua virus ini memilih satu tempat yang nyaman untuk tertidur tanpa gangguan sel imunitas anda. Tempat yang umum adalah ujung sel saraf di tulang belakang. Itulah kenapa ketika sistem imunitas tubuh seseorang melemah, umumnya karena faktor cuaca, maka akan mengalami sakit yang sama dengan sebelumnya. Dalam hal ini flu dan gejala herpes simplex.
Cara melawan virus yang menyebabkan penyakit

Memang sakit itu tidak menyenangkan karena hanya orang gila yang menganggap sakit itu enak. Apalagi jika sakitnya berkepanjangan dan harus opname di rumah sakit. Sudah sakit itu tidak enak, membuang waktu dan merepotkan orang lain, eh ditambah lagi harus mengeluarkan sejumlah uang untuk membayar biaya perawatan di rumah sakit. Oleh karena itu semua ingin hal tersebut tidak terjadi, bukan? Jika tidak, maka yang terbaik adalah mencukupi kebutuhan tubuh, diantaranya:

Vitamin dan mineral serta beberapa jenis asam amino non-esensial yang diperlukan tubuh dapat berguna menunjang pertahanan tubuh kita.
Protein memberikan tenaga untuk sel imunitas melawan virus.Protein merupakan bahan bakar yang efektif bagi sel imunitas, sedangkan karbohidrat untuk otot.
Olahraga yang cukup dapat melatih aliran darah, pernafasan dan mengurangi kadar kolesterol. Hal ini dapat mengakibatkan tubuh anda tidak akan loyo saat melawan virus.

Dengan memberikan asupan gizi yang baik serta melatih tubuh, maka suatu saat jika virus menyerang maka sistem imunitas kita sudah cukup kuat dan tangguh untuk melawannya. Setidaknya, ketika virus menyerang, tubuh anda tidak mudah menyerah

1 Response to "Virus sang penyebab penyakit"

wdcfawqafwef